Laman

Search

22 November 2009

ATKI Yuen Long Gelar Gebyar Panggung Hiburan 2009


Assosiasi Tenaga Kerja Indonesia (ATKI) basis Yuen Long menggelar panggung hiburan untuk buruh migran Indonesia, Minggu, (15/11) di Yuen Long town Hall. Kegiatan dibagi dua kategori perlombaan yaitu karaoke bebas dan lomba tari tradisional. Lomba karaoke dikhususkan untuk buruh migran yang bekerja di wilayah Yuen Long saja. 

Menurut keterangan dari panitia, lomba karaoke dikhususkan untuk BMI didaerah Yuen Long karena memberi kesempatan kepada BMI yang tinggal di tempat terpencil tersebut, karena selama ini acara lomba sering diadakan di wilayah Causeway Bay. Kegiatan dengan tema " Tingkatkan Kesadaran BMI, Untuk Melawan Penindasan Demi Meraih Kesejahteraan" berlangsung meriah.
ATKI basis Yuen Long mengajak semua buruh migran untuk bergembira di acara panggung hiburan tersebut. Dengan berkumpul bersama di beberapa kegiatan yang diadakan BMI, sedikit masalah dan penat setelah seminggu menjalani rutinitas sebagai pembantu rumah tangga seakan terlupakan walau hanya sejenak. 


Acara semakin ramai dan memanas di saat beberapa anggota ATKI naik ke panggung berorasi dan mengajak buruh migran untuk tidak hanya diam melihat penindasan yang dilakukan oleh majikan dan agensi. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), mereka nilai  kurang tegas dalam menangani permasalahan BMI. Masih banyak kasus agensi yang memeras BMI dengan biaya potongan gaji yang mencekik leher, tapi KJRI seakan keuh-keuh menanggapi hal ini. KJRI juga berjanji akan memberhentikan beberapa agensi yang menyimpang dari peraturan, tapi kenyataannya juga masih banyak agensi yang memeras BMI dengan menginterminit pembantu setelah potongan gaji selesai. 

Orasi dari anggota ATKI basis air mancur Causeway Bay tersebut disambut tepuk tangan penonton juga peserta yang hadir dan semakin menambah meriahnya acara. Tidak hanya peserta saja yang berhak mendapatkan hadiah, para penonton pun juga mendapatkan kesempatan naik kepanggung mendapatkan hadiah dari sponsor yaitu Western union.  

Dan keputusan dewan juri adalah hal yang sangat ditunggu oleh peserta bahkan pendukung yang hadir. Sebagai juara pertama dalam lomba karaoke adalah Damayanti, juara-2 Eko dan juara ke-3 dimenangkan oleh Awin. Sedangkan Jujuk/Kirun dan Luzia harus puas sebagai juara harapan1 dan 2. Dan sebagai juara favorit dimenangkan kembali oleh Damayanti. Untuk lomba tari tradisional juara 1 dari grup tari Rainbow, juara 2 dari Sanggar Budaya dan meraih juara ke 3 adalah Singo Umboro.  

Ketua Panitia Penyelenggara, Angga menyampaikan banyak terima kasih atas kedatangan para tamu dan kawan-kawan BMI yang telah jauh-jauh datang di acara ATKI basis Yuen Long. Tak lupa Angga juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para pendukung acara sehingga acara bisa terselenggara dengan baik. (Adp)

(Terpublikasi di Tabloid Memorandum-Srby # 123)