Laman

Search

03 Desember 2009

GOLPINDO, Terus Berkarya Dalam Bidang Olahraga


Dengan  banyaknya organisasi  yang didirikan oleh Buruh Migrant Indonesia (BMI) yang tumbuh menjamur  di Hong Kong, beragam pula kegiatan positif yang mereka tekuni. Meski ada sebagian kecil Buruh Migrant Indonesia ( BMI) yang sembrono dan ‘sak karepe dhewe’, namun penilaian bahwa  BMI di Hong Kong adalah sosok-sosok yang kreatif dan inspiratif ada benarnya.  Mereka tidak mau membuang sia-sia waktu libur yang hanya diperoleh satu kali dalam satu minggu.


Salah satunya organisasi yang menampung kegiatan positif BMI adalah Gabungan Olahraga Putri Indonesia (Golpindo). Organisasi yang berdiri sejak 1 April 2007 silam ini, lebih dari 3 tahun menggeluti bidang olahraga. Sesuai dengan visi dan misi dari organisasi itu sendiri, yaitu untuk mengembangkan bakat BMI dalam bidang olahraga. Olahraga yang mereka geluti meliputi volley, Aerobic, Batminton  dan hip- hop.  Golpindo bermarkas di Moreton Terrace - Causeway Bay. 

Selama lebih dari 3 tahun berdiri, Golpindo mengalami tiga periode kepemimpinan. Tahun pertama (2007-2008), Golpindo diketuai oleh Tri Endah Mulyawati BMI asal Malang- Jawa Timur.  Tahun kedua (2008-2009) diketuai oleh Lilik Bambang Indarwati, BMI asal Madiun.  Sekarang,  untuk tahun ketiga (2009-2010) diketuai oleh Sri Utami, BMI asal Malang.
 Menurut Sri Utami, sampai saat ini jumlah anggota Golpindo mencapai 150 orang. Namun kendala libur yang kadang masih jadi permasalahan, karena terkadang anggota tidak memperoleh libur setiap hari Minggu, jadi ada yang aktif setiap minggunya dan ada pula yang tidak begitu aktif. Namun hal itu tidak boleh dijadikan perbedaan antara anggota satu dengan yang lainya. Semua anggota memiliki hak dan kewajiban yang sama.
 Namun begitu, ia sebagai ketua selalu berharap dan berpesan kepada anggota Golpindo agar selalu solit dan menjaga kekompakan, jangan sampai terpecah belah, diharapkan selalu menjaga kerukunan antar anggota.  “Selain itu, saya selalu menekankan kepada anggota agar punya komitmen dan  lebih tepat waktu. Serta lebih giat lagi mengikuti kegiatan apa saja yang ada dalam Golpindo,” tegasnya.

Masih menurut Sri Utami, kegiatan olahraga volly dan aerobik lebih menonjol dari  bidang-bidang lain. Karena sejak berdiri, kegiatan volley sudah mereka tekuni sejak awal. Selain itu, mereka selalu aktif mengikuti pertandingan-pertandingan dan turnamen bola Volly yang sering diadakan oleh tim dari Indonesia, Piliphina, maupun tim dari orang-orang Hong Kong.  Mereka juga sering sebagai juara.  Ini tak lepas dari rutinnya mereka latihan sehingga  terasah kemampuannya.

Sedangkan dalam bidang aerobik, ia mengakui peminatnya sangat banyak. Untuk sementara ini, Golpindo masih merekrut pengajar dari luar.  Namun begitu, apabila kebetulan nggak ada pengajar, anggota Golpindo bisa belajar bersama. “Karena sebenarnya, dari anggota Golpindo sendiri ada anggota yang sudah bisa diandalkan kemampuannya, jadi setidaknya bisa mengajari anggota-anggota yang lain,” tuturnya.
Golpindo selama ini selalu ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan  yang sering digelar oleh organisasi lain, misalnya, seperti mengikuti lomba dan lain-lain. Jadi tidak ada batasan, dan selalu ada kesempatan untuk berbaur dan saling berinteraksi dengan organisasi lain.
 Banyak prestasi yang sudah diraih Golpindo, di antaranya:
 -       juara II lomba tari poco-poco yang digelar oleh Sanggar Budaya Indonesia, pada bulan April 2008.

-       Juara II pertandingan Volly yang diadakan oleh Archy Language, pada bulan Juni 2008.

-       Juara umum lomba fashion show, The Best Charming, yang diadakan oleh Pinoy- Piliphina, pada  2 Agust-
-Juara umum Bola Volly yang diadakan oleh Pinoy Volley Ball Piliphina, pada 9 November  200
-       Juara II lomba Fashion Show ATKI- Western Union, 11 Oktober 2009
Selain itu, Golpindo sendiri pernah menggelar event untuk merayakan hari jadinya yang ke-2,  tanggal 15 Maret 2009 lalu, menggelar lomba Aerobik grup dan perorangan, juga lomba karaoke.  Sri Utami menambahkan, pada bulan Maret  2010 mendatang, bakal menggelar event lagi, yakni lomba aerobic grup dan perorangan. Juga mengadakan lomba fashion untuk sport wear. Ia juga menambahkan, Golppindo selalu terbuka untuk siapa saja yang ingin gabung dan menekuni bidang olagraga. (Ann).


Terpublikasi di Tabloid Memorandum Surabaya #124