Halaman

Search

09 Agustus 2009

Ini Loh..Fakta Buruh Migrant Indonesia di Hongkong


Hari minggu libur, gak disangka aja kalau akan ketemu teman lama ku yaitu Santi. dia adalah teman satu kampung, teman yg dulu berangkat sama2 dari nol, teman di penampungan di Bekasi, sewaktu akan berangkat ke Hongkong. satu kamar, bareng tidurnya, dikelas pun sebelahan duduknya. pokoknya tau deh segala jeleknya santi, begitu juga santi tau jeleknya si penulis [ hik..hik..hik..]. setelah nunggu hampir 4bulan di penampungan, akhirnya aku berangkat dulu. waktu itu santi berat untuk melepasku, dia nangis terisak isak, tau akan ditinggalkan temannya yg baik hati [ eehheemm..eeehheeemm, uly ngalem dewe !]


Setiba di Hongkong, beberapa bulan kemudian, santi pun menyusul. sejak itu hubungan pertemanan kami berlanjut lagi. setiap malam ''ngerowos'' dihape, dia cerita banyak tentang pekerjaannya, majikannya, begitu juga dengan anak asuhnya. semuanya baik baik saja, beruntung dia dapat majikan yg baik, dan hak liburnya tiap minggu dan tanggal merah. setelah 7bulan berlalu, saat2 potongan agen selesai [potongan yg amat mencekik], santi mulai banyak berubah. yg amat menonjol adalah dandanannya ! mulai dari rambut, cara nya berpakaian, semua nya berubah total !

panggilanku pun padanya mulai ta ganti yaitu ''bule kesiangan'', bul..bul.. dia cuma monyong bibirnya, tanda ta suka !. rambutnya yg tadi nya hitam panjang terurai, di pangkas habis, model Harajuku, gak beraturan depan panjang, belakang pendek, [bagusan rambut gimbalnya Almarhum Mbah Surip], kupingnya penuh tindik, bahkan lidahnya, [gak takut nyangkut makanan ya ], pakai baju pun yg minim, YOU CAN SEE, You Can See my weteng, You Can See my buah dada, You Can See my kelek, bahkan You Can See my Udel, tidak tanggung2 celana yg dipakai Santi, atau Bul..Bul, diatas paha, sepatu hak tinggi. sejak saat itu berubah lah Santi menjadi BRITNEY SPEARS Binti BUL BUL..asli Lebak Bulus..kecilnya di BULAKAMBA, gedenya di BULUNGGAN..ah emBUlah..![ kayanya gak nyamBUng deh Ul ! hehehe sorry San !,]

Pergaulan santi pun gak jauh jauh dari BULE BULE yg banyak ''berkeliaran'' di Wanchai, tadinya yg libur ama aku, skrg sudah menjauh,dia membatasi diri. Dia masuk dari diskotik satu ke diskotik yg lain, santi sekarang ''GAUL'', bahkan dia sudah ''DIGAULI'' oleh bule bule itu. Santi atau BUL BUL, sekarang sudah kaya, segalanya dia sudah punya, baju semuanya bermerek, bahkan baju dalam, [tidak seperti penulis yg beli di pasar yg harganya sapman..sapman.. hehehe].

Bagai ditelan angin... WUUUZZZZ.. ilang lah Santi BUL BUL, dari pandangan penulis, sejak saat itu, aku tdk tau lg kabarnya Santi BUL BUL. Kemana dia.. jujur aku pun mengkhawtirkan dirinya, dia temanku satu kampung, keluarganya kerap datang kerumahku, menanyakan kabar Santi BUL BUL. Ternyata hampir 6 thn lebih Santi BUL BUL tdk prnh memberi kabar pada emak nya di rumah. jgnkan sms, telpon, kirim uang saja sdh tdk pernah lg !. sampai Babeh ikut2 memarahiku !

''cari santi !'' itu kata Babeh.

''cari kemana Beh'' ujar ku.

''semua terbatas, lha wong aku aja kerja ikut orang, mau cari dimana, no hape nya sdh tdk aktif lg''.

''kamu khan kontributor ! kenalanmu di Hongkong pst byk !, kasihan emaknya !''

gak mau kalah, penulis pun ganti membentak Babeh [jgn ditiru !!!]

''apa hubungan nya dengan kontributor ? itu kerja sampingan, itu jg sdh menyita waktu liburku ! yg hrs nya duduk santai ! iki melayu rono, melayu rene, menghadiri sebuah acara, untuk diliput, belum snapshotnya ! capek tau Beh !!, [babeh sempat diam lama di ujung telpon sana !], hik..hik..hik.

Jujur saja,aku sdh berusaha mencari santi temanku itu. sambil jalan, moto in mbak mbak yg tumplek blek di viktory park, aku pun berusaha bertanya sambil bawa fotonya santi.

''mbak, kenal ama ini, [sambil menyodorkan fotonya]''

dan semuanya pada menggeleng tdk kenal !

Santi..Santi.. dimana kamu ? andai kamu tau, kabar nya emak mu dirumah, emakmu sudah Sepuh, sering sakit sakitan, butuh biaya, kamu yg kerja diluar negeri, yg gajinya gede, sudah pasti yg jadi harapan keluarga.

e di la la, kersone Gusti Allah.

Minggu kemarin tgl 9. pas aku lg ngelewatin bunderan yg ada di coswaybay. samar2 dr kejauhan aku melihat sosok santi, aku yakin itu santi ! naluriku berkata. aku berjalan mendekatinya, kusentuh bahunya, dia pun menoleh kaget, melihat aku, santi bertanya pakai bahasa inggris [kok yo San San.. NGALEM EMEN AWAKMU !]

Kurang lebihnya seperti ini bahasa inggrisnya Santi BUL BUL yg sdh ditranslate oleh penulis ke dlm bahasa jawa [ PADUNE ULY GK ISO NULIS BOHOSO INGGRIS !!! HAHAHA..]

''koe kih sopo ?, aku gak kenal awakmu !.jare Santi BUL BUL, sambil mengenakan kacamata hitamnya.

''San,aku uly, koncomu, ojo sandiwara eto eto e gak kenal aku !''

''koe kih dikon emakmu telpon nyang umah, emakmu meriang, butuh duit !, koe kih nding endi ae !. [uly..uly..! bhs jawa nya aja blepotan, apalg inggris nya ! malu2 in deh ! ].

Santi BUL BUL, bukannya menjawab pertanyaan penulis, sejurus kemudian, tangan Santi BUL BUL menarik ''lelaki pujaan'' nya yg sedari tadi hny berdiri disamping Santi, plonga-plongo.

''let's go Honey, she is crazy women !'' kata santi, kpd BULE nya.

penulis dikatain CRAZY ? jelas gak terima, ta tarik tangan nya santi, ta pegang, sambil tangannya penulis mengacung2 ke wajahnya

''ok,san, gue gak secantik elu,gue gak semenarik elu,gue gak seseksi elu''

dgn segala kekuatan yg ada, sipenulis melanjutkan lagi

''elu boleh gak kenal gue !, elu boleh nganggap gue apa! tapi tolong ! emak lu butuh duit untuk berobat! emak lu sakit2an dirumah, sedang elu enak2 an hidup disini! dimana mata hati mu ! elu dandan ngabisin duit berjuta2 disalon, elu baju bermerk! makan yg ber steak steak !, sedang emak lu dan keluarga elu dirumah, buat makan aja kempas-kempis ! kalau mungkin rumah kita berjauhan, keluarga gue gak liat keluarga elu, mungkin lain lagi ceritanya, ngapain gue susah2 nyariin elu !. rumah kita berhadapan San ! [sambil ta tonyol kepalanya]. Tiap pagi emak elu kerumah gue, nyamperin babeh gue, untuk nanyain kabar elu ! gak tega tau !! [ta tonyol lagi kepalanya untuk yg kedua kali].

Mungkin krn gak kuat denger cerita penulis, atau mungkin Santi BUL BUL, jadi malu karena suara penulis keras, dan orang2 pd ngeliatin. Santi ambil langkah seribu... dia berlari sendiri, BULE nya lupa dia ''CANGKING''.

Penulis hanya berharap dan berdoa, stlh Santi BUL BUL dengar cerita itu, hatinya semoga tergerak untuk ingat keluarganya dikampung. Bakti anak kepada Orangtua. Kapan lagi ?? semata mata mencari ridho Allah, dan orangtua masih hidup, jgn sampai menyesal jika Orangtua telah tiada...Orangtua jgn disia sia kan.

Negara Hongkong, berjuta juta buruh migrant yg mengadukan nasibnya, meninggalkan keluarga,kampung halaman,dengan bekerja ikut org dengan segala peraturan yg telah berlaku. ternyata Hong Kong pun bisa membentuk kpribadian seseorang sedemikian rupa. ada yg menjadi baik, menjadi lebih pintar, lbh relijius krn aktif ikut dlm organisasi kepenulisan maupun organisasi islam. ada pula yg rusak, amburadul, krn waktu liburnya hny buat dugem didiskotik. ada yg benar2 mencari uang buat keluarga, ada pula yg pulang ketemu jodoh,akhirnya menikah,ini biasa ketemuan didunia maya, chating!. ada pula yg meninggalkan suaminya dan punya ''gendaan'' di hongkong, entah itu dengan warga lokal hongkong , maupun dengan lelaki2 asing, seperti pakistan,nepal,india atau org2 bule. bahkan ada pula yg menjalin ''cinta sejenis''.

Apa yg penulis tulis sdh bukan rahasia lagi, semua yg diatas peristiwa yg terjadi disekitar buruh migrant.


TO BE CONTINUE....